Minggu, 04 Oktober 2009

Pentingnya Softskills Untuk Masa Depan

Mendengar kata Soft skills yang ada di benak saya itu adalah kemampuan untuk saling berkerjasama atau biasa orang bilang itu 'orang supel' yang jago ngomong bergaul dan lain lain,ternyata persepsi saya itu sangat minim.setelah di jelaskan oleh 4 orang dosen Gunadarma saya baru paham apa arti dari Soft Skills itu sendiri dan fungsinya sebagai berikut.

Soft skills adalah kemampuan seseorang untuk bisa beradaptasi dan benkomunikasi dengan baik pada lingkungan dimana dia berada. Selama ini kita kurang menyadari bahwa kemampuan softskill akan banyak bermanfaat bagi kita sendiri dan pengetahuan sofsklill memang sangat berperan dalam upaya pembentukan mental dan karakter seseorang sejak dini. Hal Ini penting, karena banyak para lulusan penguruan tinggi ketika diminta berbicara, menyampaikan ide atau gagasan, bekerjasama dalam suatu kelompok serta mempresentasikan karyanya, tidak siap. Dengan memadukan Hard Skill dan Soft Skill nantinya akan tercipta manusia yang cerdas dan kompetitif.

Saat ini Universitas Gunadarma sudah memulai program-programnya yang bertujuan untuk pembentukan soft skill para masiswanya. Hal ini diwujudkan melalui mata kuliah ISD ( Ilmu Sosial Dasar ), didalam mata kuliah ini para siswa diwajibkan mempunya blog dan wajib melakukan posting secara rutin. Dengan diadakannya program ini diharapkan nantinya para mahasiswa dapat bersaing dijaman yang semakin modern ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar